Posted by: adeirawan74 | April 30, 2009

PRASASTI KAWALI

prasastikawali1

(Dikutip dari Blog Sandekala, hatur nuhun kanggo Kang Richadiana Kartakusuma)

Prasasti Astana Gede atau Prasasti Kawali merujuk pada beberapa prasasti yang ditemukan di kawasan Kabuyutan Kawali, kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terutama pada prasasti “utama” (prasasti Kawali I) yang bertulisan paling banyak. Adapun secara keseluruhan, terdapat enam prasasti. Kesemua prasasti ini menggunakan bahasa dan aksara Sunda (Kaganga). Meskipun tidak berisi candrasangkala, prasasti ini diperkirakan berasal dari paruh kedua abad ke-14 berdasarkan nama raja.


Berdasarkan perbandingan dengan peninggalan sejarah lainnya seperti naskah Carita Parahyangan dan Pustaka Rajya Rajya i Bhumi Nusantara, dapat disimpulkan bahwa prasasti Kawali I ini merupakan sakakala atau tugu peringatan untuk mengenang kejayaan Prabu Niskala Wastu Kancana, penguasa Sunda yang bertahta di Kawali, putra Prabu Linggabuana yang gugur di Bubat.

Prasasti Kawali I di kawasan kabuyutan Astana Gede, Kawali.

Teks di bagian muka:

nihan tapa kawa- li nu sang hyang mulia tapa bha- gya parĕbu raja wastu mangadĕg di kuta ka- wali nu mahayuna kadatuan sura wisesa nu marigi sa- kuliling dayĕh. nu najur sakala desa aja manu panderi pakĕna gawe ring hayu pakĕn hebel ja ya dina buana

Teks di bagian tepi tebal:

hayua diponah-ponah hayua dicawuh-cawuh inya neker inya angger inya ninycak inya rempag

Dalam Bahasa Indonesia:

Inilah jejak (tapak) (di) Kawali (dari) tapa beliau Yang Mulia Prabu Raja Wastu (yang) mendirikan pertahanan (bertahta di) Kawali, yang telah memperindah kedaton Surawisesa, yang membuat parit pertahanan di sekeliling wilayah kerajaan, yang memakmurkan seluruh pemukiman. Kepada yang akan datang, hendaknya menerapkan keselamatan sebagai landasan kemenangan hidup di dunia.

Teks di bagian tepi tebal:


Jangan dimusnahkan!

Jangang semena-mena!

Ia dihormati, ia tetap.

Ia menginjak, ia roboh.

pembacaan prasasti Kawali I
seharusnya demikian

BAGIAN MUKA:

“… NIHAN TAPA KAWALI
NU SIYA MYLIA
BHAGYA PAREBU RAJA WASTU
NU MANGADEG DI KUTA KAWA
LI, NU MAHHAYU NA KADATUAN
SURAWISESA, NU MARIGI SA
KULILING DAYEUH NU NAJUR SAKALA
DESA AYA MA NU PANDEURI PAKENA
GAWE RAHHAYU PAKEUN HEUBEUL JA
YA DINA BUANA…”

BAGIAN TEPIAN:
HAYWA DIPONAH PONAH
HAYWA DICAWUH-CAWUH
BHAGA NEKER BHAGA ANGGER
BHAGA NINCAK BHAGA REMPAG

catatan:
kata INYA adalah pembacaan J.Noorduyn sarjana Belanda
dia membacanya dengan tanpa mengindahkan konteks makna dengan maksud dan tujuan ajaran inti SUNDA

saya merevisi kata INYA harus dibaca BHAGA sesuai makna inti dan konteksnya dengan aetefak2 lainnya yang terdapat di KAWALI. Bhaga melambangkan GENITAl = RAHIM simbol IBU (ambu) = semesta tempat kehidupan manusia sejak lahir hingga berpulang (ambu rarang, ambu tengah dan ambu ruhur)

catatan:
silahkan periksa artikel saya Richadiana Kartakusuma “Situs (Kabuyutan) Kawali di Ciamis Jawa Barat: Ajaran Sunda di dalam Tatanan Tradisi Megalitik”, dalam KIBS (Kongres Internasional Budaya Sunda) jilid I. Yayasan Kebudayaan Rancage.


About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: