Posted by: adeirawan74 | April 30, 2009

ASAL MULA GUNUNG BENTANG

Pada zaman dahulu kala, menurut para sesepuh yang masih hidup asal mulanya Gunung Bentang ituadalah adanya sebuah bintang yang jatuh tepat di atas puncak gunung di wilayah Sagaranten, hingga akhirnya disebut Gunung Bentang dan sampai sekarang tanda bentuk yang menyerupai bintang masih menempel di gunung tersebut. Dulunya di gunung Bentanng banyak terdapat binatang-binatang langka dan keadaan hutannya sangat lebat dang terkenal angker.

Gunung sering digunakanorang untuk bertapa. Menurut cerita rakyat di Gunung Bentang terdapat ular yang besar sebagai penunggunya. Bagi oarang yang bertapa diharuskan untuk mandi di sungai pasiraman karena menurut kepercayaan sungai tersebut dapat membersihkan atau menyucikan tubuh oarang telah bertapa.

Seiring perjalanan waktu nasib Gunung Bentang pun semakin memperihatinkan karena hutan yang dulunya lebat sudah mulai banyak yang menebang tanpa memikirkan akibatnya. Binatang-binatang langka pun akhirnya banyak yang mati dan sulit untuk ditemukan kembali. Itu semua akibat dari orang-orang yang tak bertanggung jawab.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: