Posted by: adeirawan74 | April 30, 2009

Asal Mula Kampung Malangbong (di Sagaranten)

Pada zaman dahulu terdapat sebuah hutan yang cukup luas di daerah Sagaranten. Pada waktu itu ada seorang pengembara yang hidup di sana, berasal dari kota Garut dan menetap ditempat tersebut yang sekarang diberi nama Malangbong, karena pengembara itu memberi nama hutan tersebut dengan nama Malangbong.

Konon di Malangbong juga terdapat sebuah tempat dnamakan Enggah, sebuah tempat yang cukup di bilang seram karena di sana banyak sekali terdapat banyak sekali orang yang mengalami kerasukan, dan dari sana banyak sekali sejarah yang terpendam. Kata orang tua dulu katany ada seorang nenek yang tinggal di sana, nenek tersebut berumur ± 163 tahun, menurut cerita nenek ini tidak mau kenal dengan orang-orang di sekitarnya. Dia hanya hidup seorang diri dan hanya ditemani oleh hewan-hewan peliharaannya. Dengan kondisi tersebut orang-orang memanggil nenek Enggah, sampai meninggalnya nenek tersebut tidak terdengar kabar ceritanya lagi.

Di Malangbong juga terdapat sebuah tugu peninggalanorang Belanda, dulunya dijadikan benteng, ada keanehan pada tugu tersebut karena apabila ada orang yang mendekati tugu tersebut maka akan kerasukan. Tiga tahun silam pernah ada orang yang berniat untuk menghancurkan tugu tersebut. Orang tersebut berkata abahwa dalam mimpinya melihat seorang nenek yang mengatakan bahwa dalam tugu itu terdapat harta yang berharga. Sewaktu orang itu akan merobohkannya dia mendengar suara-suara aneh-aneh dari dalam tugu tersebut seolah-olahada perintah untuk membatalkan niatnya, tapi orang tersebut tidak memperdulikannnya sehingga ketika dia berusaha menghancurkan tugu tersebut, yang terjadi adalah dia mendadak kerasukan dan akhirnya meninggal dunia. Setelah kejadian itu tidak ada seorang pun yang mau mendekati tugu itu. Sampai kini kepercayaan masyarakat terhadap tugu tersebut masih melekat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: