Posted by: adeirawan74 | May 11, 2009

Sabda Gunung Gonggang

100_2014SEDIKIT PITUTUR

Keberadaan Gn. Gonggang sampai saat ini belum begitu terkenal. Gn. Gonggang merupakan sebuah bukit yang ketinggiannya sekitar 691 dpl, terletak di Kota Sagaranten Desa Cibaregbeg Kabupaten Sukabumi Bagian Selatan. Untuk menempuh lokasi Gn. Gonggang bisa melalui terminal Jubleg (dari arah Sukabumi) sekitar 2 jam perjalanan, sedangkan dari arah Sagaranten bisa ditempuh sekitar 15 menit. Kondisi Gn. Gonggang baik flora dan faunanya untuk saat ini masih bisa dikatakan cukup terjaga kelestariaannya dengan baik. Masyarakat Setempat mempunyai kepedulian yang sangat besar terhadap kelestarian Gn. Gonggang, namun seringkali ada oknum tertentu yang berusaha untuk melakukan pembalakan liar. Demi menjaga kelestariannya, Pecinta Alam SMAN 1 Sagaranten berusaha untuk mempelajari kondisi alam serta kehidupannya faunanya.

RENUNGAN DI ALAM GONGGANG

Pecinta Alam SMAN 1 Sagaranten melaksanakan kegiatan pelantikan anggota baru pada tanggal 21 Maret 2009 di Gn. Gonggang. Acara Pelantikan ini diikuti oleh 50 anggota PASS Perintis,46 dengan bimbingan Pembinannya,yaitu Bpk. Ade Irawan dengan dibantu oleh Bpk. Sumarwan, Oka Sumarlin dan Juhan.

nyebrangUntuk sampai ke Gn. Gonggang, para pecinta alam SMAN 1 Sagaranten harus melewati beberapa pemukiman penduduk dan areal pesawahan serta harus menyeberangi sungai yang tidak dalam dengan air yang jernih bak cermin alam.

setelah menempu 2 jam perjalanan yang membuat nafas senen-kemis rampes pada tamunya, yang lebih dahulu mengucapkan sampurasun. akhirnya sampai juga di lokasi yang dituju. Ketika mendirikan tenda pada pukul 04.30 wib para Pecinta Alam SMAN 1 Sagaranten disambut oleh penghuni hutan dengan munculnya sekawan Lutung yang saling berloncatan di atas pohon seolah mengamati tamunya yang baru datang. Semua terpana, melongo, berdecak kagum melihat tingkah polah mereka, sungguh lucu, unik, dan haru ternyata masih ada kehidupan mereka yang terjamin kebebasannya dari ancaman manusia. Teriakan mulut para lutung seolah mengucapkan kata

pendirian tendaSetelah mendirikan tenda, seluruh anggota PASS Perintis,46 melakukan ritual khusus mendekatkan diri kepada Tuhan Pencipta Alam Semesta, yaitu Sholat Maghrib. Kemudian dilanjutkan dengan makan bersama untuk mengisi perut agar tenaga menjadi kuat dalam melaksanakan kegiatan nanti. Ba’da Isya kegiatan resmi dilaksanakan, seluruh panitia sibuk mengatur segala sesuatunya, dipimpin oleh ketuanya, yaitu Dede Anwar Arof.  Memasuki acara pelantikan seluruh anggota baru dikumpulkan untuk mendengar arahan  dari  dari Bpk. Pembinanya. Selanjutnya para anggota baru harus melakukan ritual lagi agar badan mereka tidak kedinginan di alam pegunungan. untuk lebih mendalami berbagai kegiatan tersebut, di bawah ini bisa dilihat photo-photonya :

Makan bareng

arahan

Uji Materi

sesuatu

baris

Mengapa di tanahku terjadi bencana…

mungkin alam sudah bosan… (Ebiet G. Ade)


Responses

  1. lanjutkan…….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: